Rute bersepedaan di Singapura pilihan saya

Beberapa waktu lalu di blog ini ada beberapa pertanyaan masuk di kolom komentar saya yang intinya sih seperti ini:
– “Mas..kalau saya ingin sepedaan di Singapura bisa mas temani tidak ?”.
– “Rute sepedaan favorit di Singapura yang bagus itu ke mana saja sih?

Alamak, mendapat pertanyaan seperti itu agak berfikir keras juga saya untuk memberi jawaban yang memuaskan. Baiklah dipostingan ini saya coba mensummary beberapa point penting dari pengalaman saya saat bersepeda di Singapura untuk menjawab pertanyaan pembaca blog ini seperti yang tertulis di atas.

Pertanyaan 1 . Bisa gak sih saya menemani pesepeda yang ingin bersepeda di Singapura ?
Jawaban : Oh tentu bisa dan sangat welcome, sepanjang jadwalnya cocok dengan jadwal bebas saya. hehehe.

Pertanyaan 2. Rute sepedaan favorit yang ada di Singapura ke mana saja sih ?
Okeh..untuk pertanyaan ini saya coba jawab sepanjang yang telah saya kayuhi dan nikmati ya. hehe.

Seperti kata pepatah di dunia gowes menggowes: beda kepala bisa beda pula sepedanya. Pastinya demikian pula berbeda-beda jawabnya kalau para goweser singapura ditanya rute favoritnya. Tapi kalau menurut saya pribadi sih yang tak pernah bosan-bosannya saya lewati rute favorit ya adalah: Bersepeda dari east coast park hingga ke Marina Bay Sand dan Merlion Park.

Rute yang cocok buat goweser yang menyeberang dari Batam. 

Bagi yang datang dari Indonesia atau Batam khususnya. Pilihan rute ini adalah yang paling efisien dan memungkinkan untuk dijalani jika ingin sepedaan seharian saja di Singapura tanpa harus menginap.

Goweser bisa singgah dulu di Batam melalui Hang Nadim Airport. Bisa langsung gowes sepedanya ke terminal penyebrangan ferry Batam Center, atau angkut saja pakai taxi jika ingin menghemat tenaga. Beli tiket ferry rute Batam Centre – Tanah merah Singapura. Tanah merah adalah terminal ferry yang terdekat dengan jalur bersepeda paling terkenal di singapura: East Coast Park.

Harga tiket ferry PP untuk Batam Centre – Tanah Merah sekitar Rp 350rb – 400rb saat ini atau dalam mata uang Singapura sekitar SGD 35. Jadwal penyebrangan paling pagi dari Batam Centre adalah 06.15 WIB.  Nanti baliknya dari Singapura bisa ambil Ferry terakhir rute Tanah Merah – Batam Centre di jam 20.45 SG time, cukuplah untuk sepedaan hingga ke patung Merlion dan Marina Bay Singapura. Oh ya . Sepeda kita gak perlu repot dilepas pedal, handle dan sebagainya. Karena sepeda diijinkan untuk dimasukkan ke atas Ferry tanpa perlu dipreteli. Cukup bayar biaya tambahan cek in sepeda sekitar 70rb rupiah di batam dan 10 dollar saat cek in di Singapura. Nanti ada petugas ferry yang mengangkat sepeda kita masuk ke dalam ferry, lalu kita ambil kembali di tempat pengambilan bagasi di Tanah Merah.

Perjalanan ferry batam Centre tanah merah sekitar satu jam. Tapi kondisi ferry yang nyaman dan berlayar TV bisa mengurangi kebosanan kita. Setelah ferry tiba di tanah merah terminal, proses kedatangan di imigrasi berlaku sama seperti di bandara Changi. Jangan sampai membeli tiket sekali jalan saja ya. Karena ini bisa mengundang banyak pertanyaan dari petugas. Tunjukkan tiket PP nya dan tujuan kedatangan kita ke Singapura.

Setelah keluar dari imigrasi, sepeda bisa diambil di tempat pengambilan bagasi, akan ada petugas yang membawakan sepeda dari atas ferry hingga tempat pengambilan bagasi. Nah.. Dari sini petualangan siap dimulai deh.

Keluar dari terminal ferry Tanah Merah, goweser harus mengayuh hingga keluar komplek ferry terminal. Secara garis besar, jalan yang harus dilalui pesepeda jika ingin menuju ke patung merlion adalah :

1. Gowes keluar melalui jalan tanah merah Ferry Road.

2. Belok kiri arah ke Barat melalui Tanah Merah Coast Road.

3. Dari Tanah merah Coast walk. Lalu berbelok kiri ke jalan Changi Coast walk.

4. Selepas Changi Coast Walk, lalu masuk ke jalan East Coast Park Connector.

Nah setelah memasuki East Coast Park connector. Sepeda tinggal dikayuh terus saja lurus menyusuri pantai menuju Merlion. Nanti di ujung jalan East Coast Park connector akan ada fly over yang menyeberang ke Taman Garden By the Bay yang terkenal itu. Terus saja gowes mengikuti jalur jogging dan sepeda ini, tidak bakal bisa ditemui motor dan mobil sliweran di sini. Kalau bertemu dengan kendaraan bermesin, nah artinya anda telah salah jalan. Hehe.

Di tepi East Coast Park.
Tidak ada motor atau mobil dibolehkan lewat di East Coast Park

Dari East entrancenya Garden By The Bay, kayuh sepeda untuk menyusuri Sungai besar yang di seberangnya terlihat esplanade, Marina Bay, serta bianglala raksasa Singapore Flyer. Di ujungnya nanti kita harus berbelok kanan menyebrangi Marina Barrage dan masuk ke komplek utama Garden By the Bay. Di sini artinya kita sudah berada di area Marina Bay tinggal gowes saja keliling-keliling menikmati suasana dan pemandangan di sana. Bisa leyeh-leyeh di pinggir teluk dengan pemandangan Patung Merlion dan gedung-gedung pencakar langit Singapura. Udaranya sangat segar di sini karena banyaknya tanaman hijau dan tidak adanya kendaraan yang lalu lalang, pokoknya asli refreshing sekali lah bagi saya. Sambil sepedaan dan lihat-lihat orang-orang yang sedang jogging atau pun gowes, atau pun turis yang sedang menikmati kota Singapura. Suasananya benar-benar santai, tidak berkejaran dengan waktu.

Selepas entrancenya Garden by the Bay East.

belum bisa dibilang gowes di Singapura kalau belum foto di Merlion. Hehe

Total jarak dari Tanah merah Ferry terminal hingga ke Merlion Park yang sekitar 18 km itu bisalah ditempuh dalam 2 jam gowes sambil foto-foto. Jadi pulang pergi hingga kembali ke ferry terminal bisa jadi hanya butuh 4 jam. Gimana tertarik untuk mencobanya?

Iklan

7 Comments Add yours

  1. anisfa berkata:

    Keren ya. Jd pengen😁😎

    Suka

    1. kayuhanpedal berkata:

      Di segerakan saja. Biar plong. Hehehe. Terima kasih sudah berkunjung di sini.

      Suka

      1. anisfa berkata:

        Mumpung msh bs bareng ya sama kayuhan pedal😁😁😁..

        Trima kasih juga yaa..
        Salam kenal😎

        Disukai oleh 1 orang

  2. Dini Aqmarina berkata:

    Pak, kalau sewaan sepeda adakah? Akhir bulan Januari rencana ke sana, pengin agendakan gowes pagi2 tp sy gak bawa sepeda dr rumah.

    Suka

    1. kayuhanpedal berkata:

      Halo mbak.. Penyewaan sepeda ada banyak di East Coast Park (taman pantai East Coast). Bisa langsung datang dan pilih sepedanya dengan tarif mulai 8 dollar perjam. https://coastlineleisure.com.sg/
      Dengan passpor kita sebagai jaminannya.

      Disukai oleh 1 orang

    2. kayuhanpedal berkata:

      Kalau East Coast terlalu jauh. Bisa juga sewa bike online seperti OFO dan Mobike. Ada banyak sepeda seperti ini di Singapura. Syaratnya mesti install aplikasinya dulu dengan verifikasi ke nomor lokal Singapura. Pembayarannya bisa dengan kredit card. Demikian mbak semoga berguna.

      Disukai oleh 1 orang

  3. Hari berkata:

    Mantafff… trims for sharing…. tgl 22 des kemaren belum sempet bawa sepeda… lagi mempelajari dulu dan ngajak2 temen dulu nih hehehe

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s