Tips Menghindari Jari Semutan dan Mati Rasa Saat Gowes

Sebagai penghobi gowes, kondisi jari tangan yang semutan lalu mati rasa saat sedang gowes sangatlah mengganggu sekali. Ini sering sekali saya alami. Kalau sudah lama semutannya, terus jadi mati rasa, mau memindahkan shifter kecepatan saja menjadi susah. Menjadi sangat menyusahkan lagi kalau kejadiannya saat ada di tanjakan dimana kita harus sering-sering memindahkan shifter sepeda ke putaran yang lebih ringan. Akhirnya saya akan sering mengibaskan tangan saya ke kanan dan ke kiri saat bersepeda untuk menghilangkan efek semutan itu. Kan jadi aneh dilihatnya, kayak goyang jari  dangdut, wkwk. Lalu saya cobalah cari tahu bagaimana caranya menghindari jari semutan saat gowes ini.

Setelah saya baca-baca penyebab jari semutan dan mati rasa di atas, (atau istilah kedokterannya adalah carpal tunnel syndrome) . Ternyata penyebab utamanya adalah tidak lancarnya peredaran darah pada syaraf median di telapak tangan kita.

Tertekannya syaraf median di telapak tangan yang membuat jari kesemutan.

Tidak lancarnya peredaran darah yang seharusnya mengalir ke jari-jari tangan disebabkan bagian bawah telapak tangan kita yang dekat pergelangan tangan mengalami tekanan yang berlebih saat sedang bersepeda. Hal ini biasanya terjadi karena beberapa faktor.

1. Tangan terlalu erat mencengkeram pegangan sepeda. Karena itu telapak tangan tidak mendapatkan ruang untuk sirkulasi darah hingga ke jari-jari. Sehingga supaya tidak semutan cobalah untuk rileks saat memegang gripnya. Sering-sering memindahkan posisi genggaman tangan saat gowes bisa menghindari efek semutan ini.

2. Posisi handle bar terlalu rendah dan terlalu menjorok ke dalam mendekati sadel. Ini membuat tumpuan badan atas kita menjadi berlebih pada telapak tangan. Juga membuat pergelangan tangan tertekuk karena handle yang menjorok ke dalam. Cara mengatasinya ya baiknya benar-benar lakukan bike fitting sebelum membeli sepeda, agar postur badan dan ukuran sepeda bisa membuat posisi gowes menjadi nyaman. Kalau sepedanya sudah telanjur terbeli, bisa dengan mengganti handlebar stem dengan tipe yang lebih tinggi atau yang model adjustable.

3. Posisi pantat dan pedalling yang tidak stabil. Jika kayuhan kita tidak stabil dan posisi pantat ke bawah tidak stabil. Beban bagian atas dari tubuh tidak akan disangga sempurna oleh bagian bawah badan saat pedaling. Melainkan akan terdistribusi ke lengan dan telapak tangan kita yang memegang handle grip. Alhasil ini akan membuat telapak tangan menanggung beban yang lebih. Memakai pedal clip bisa membantu posisi pedaling dan dudukan pantat menjadi stabil. Salah satu cara untuk mengetahui apakah posisi duduk dan pedaling kita sudah stabil adalah dengan mencoba melepaskan pegangan tangan  lalu posisikan tangan di belakang badan sambil mengayuh pedal. Kalau sepeda bisa melaju seimbang tanpa memegang handle bar, artinya posisi badan kita sudah stabil.

4. Posisi sadel yang miring menukik ke depan. Ini membuat posisi badan menjadi sangat condong ke depan dan membuat penyanggah beban badan bagian atas berpindah ke pergelangan tangan. Atur posisi sadel agar menjadi rata-rata air agar tidak membebani telapak tangan.

5. Tidak menggunakan sarung tangan  (gloves) sepeda, atau gloves nya sudah menipis lapisan padding di bagian telapaknya. Gunakan gloves yang memiliki padding atau bantalan gel yang tebal agar getaran pada handle sepeda saat melewati jalanan yang tidak mulus diserap oleh bantalannya. Sehingga tidak memberi tekanan berlebih pada telapak tangan. Jangan pula membeli sarung tangan yang terlalu ketat. Bisa membuat peredaran darah dari pergelangan hingga ke jari-jari tangan menjadi terhambat.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s