Menjajal Gowes Off Road di Cifest Hill Bike Park Cikarang

Sabtu ini tak banyak agenda keluarga. Saatnya nih memacu adrenalin bersama si Patrol. Kebetulan beberapa hari lalu seorang teman memposting di WAG sepeda tentang pembukaan trek off road baru di Cifest Hill Cikarang. Saya belum pernah sekalipun ke sana. Tapi  ayok lah dicoba off road-an di sana.

Menurut info yang didapat. Lokasi off road sepeda ini berada di dalam Perumahan Cifest Hill Cikarang. Dibangun oleh komunitas sepeda sekitar perumahan tersebut sebuah trek off road dengan lintasan-lintasan dan drop off khusus untuk penggemar sepeda cross country. Sepertinya baru bulan februari 2018 ini pengerjaannya selesai. Mumpung belum ngehits dan masih lumayan gress, sejak jumat sore sudah terbayang di benak bahwa esok sabtu pagi roda sepeda sudah menjejak di trek Cifest Hill Bike Park Cikarang.

Menuju lokasi Cifest Hill

Berbekal penunjuk lokasi Cifest hill Cikarang di google maps sabtu pagi saya arahkan si Patrol gowes ke lokasi. Melalui jalan raya cileungsi arah ke jonggol setelah melewati perumahan Harvest City dan Mekar Sari Residence, sepeda saya belokkan masuk melewati jalan kampung yang lebar namun berlubang di beberapa titiknya. Kanan kiri masih banyak berdiri pohon-pohon karet dan persawahan, rumah-rumah penduduk tidak terlalu rapat di sini.

Tapi di ujung jalan kampung ternyata saya justru masuk kembali ke bagian belakang perumahan Harvest City yang sudah berdiri beberapa kluster-kluster paling baru. Di sini plang penunjuk jalan arah ke Cikarang, Kawasan industri MM2100 sudah ada di tiap percabangan, tinggal ikuti hingga keluar dari gerbang belakang perumahan lalu masuk kembali ke jalanan kampung arah ke cikarang.

Ke Cifest Hill belok ke kanan

Sepeda saya terus kayuh hingga sampai di pertigaan yang jika lurus adalah arah ke MM2100 dan Pasar Setu, dan belok kanan arah ke Cikarang. Sepeda saya belokkan ke kanan arah ke cikarang. Polsek Setu sudah lewat, lalu jembatan besi yang cukup panjang juga saya lewati hingga saya tiba di depan Kantor Kepala Desa Sukasejati.

Rehat sejenak di depan Kantor desa ini karena google maps menunjukkan saya harus berbelok masuk ke jalan kampung beberapa meter setelah kantor desa ini.

Akhirnya 10 meter dari kantor desa Sukasejati sepeda berbelok kiri masuk ke jalan kampung yang bertuliskan jl. Haji Nurjamah. Jalannya sedikit naik turun dengan beberapa bagian bersisian tebing rendah dengan persawahan padi di bawahnya. Kemudian sepeda menyusuri pagar tembok panjang yang berdiri di kiri jalan yang menjadi pembatas antara kawasan industri cikarang dan pemukiman penduduk.

Setelah turun naik jalan kampung melewati persawahan dan pinggiran kawasan industri sepeda tiba-tiba sudah berada di dalam sebuah kawasan perumahan. Terbaca tulisan Villa Mutiara Cikarang 2 di papan ruko pinggir jalan yang saya temui. Sekitar 1 km kemudian kayuhan pedal pun sampai di titik akhir Google maps, Cifest Hill.

De Valley, demikian rangkaian huruf berukuran besar berdiri di atas taman kecil di depan gerbang kluster perumahan. Di belakangnya saya bisa lihat sebuah bukit kecil dengan pohon-pohon karet tinggi dan pita panjang bergaris hitam kuning disambungkan diantara pepohonan. Gak salah lagi, pitanya mirip dengan pembatas trek di lomba cross country. Sepertinya saya sudah tiba di lokasinya.

Cifest Hill Bike Park

Cifest Hill Bike Park sepertinya masih dalam satu cluster perumahan Cifest Hill, sehingga kita harus melewati pos sekuriti untuk masuk ke trek sepedanya.

Berada di atas bukit kecil berketinggian 10 meter. Jalur sepedanya berada di lereng nya di antara pohon-pohon karet yang menjadi peneduh alami dari sinar matahari, dan pita hitam kuning diikatkan sambung menyambung diantara pepohonannya sebagai penanda jalur.

Yang unik dari Cifest Hill Bike Park ini bagi saya adalah adanya saung-saung dengan kursi kayu yang dibangun di dekat titik start jalur off roadnya. Sembari duduk-duduk di bawah payungnya kita bisa melihat aksi pesepeda yang melibas lintasan off road sepanjang 1.5 km ini. Di sebelah kiri saung-saung ini ada parkiran sepeda yang terbuat dari sebilah bambu panjang, ciri khas dari tempat kumpul para goweser.

Start awal trek ini berada di sisi atas bukit, pilihan yang masuk akal. Karena dengan bantuan gravitasi sepeda akan dengan asyiknya dikayuh menuruni lintasan yang lumayan berkelok dengan cekungan dan tanjakan kecil. Saya menemukan beberapa drop off yang dengan baik hati oleh pembuatnya diberikan tulisan ketinggian masing- masing drop off. Ada yang setengah meter ada yang satu meter. Terserah selera dan nyali tiap goweser untuk melompati yang mana. Kala nyali masih sangsi, trek normal disebelahnya tersedia untuk dilewati.

Total 1.5 km panjang trek dengan beberapa gundukan kecilnya membuat kita harus mengayuh lebih kuat lagi untuk melewatinya lalu berlanjut dengan bonus turunan lumayan curam dan pilihan drop off di lintasan selanjutnya. Kalau saja treknya benar-benar kering, menjajal lintasan Cifest Hill park ini benar-benar bakalan bikin keringat mengucur dan adrenalin terpacu. Setelah puas mencoba (dengan pelan-pelan), dan ban sepeda pun makin tebal oleh tanah coklat, dengkulpun mulai kepayahan. Tak terasa hampir satu jam saya sudah berputar-putar mencoba tiap sudut lintasannya. Satu dua drop rendah pun saya jajal biar merasakan enaknya jatuh hehehe. Pokoknya hampir lupa umur lah.

Saking asyiknya gowes diketeduhan Cifest Hill, tanpa terasa matahari kian meninggi. Saatnya menyudahi petualangan hari ini dan kembali ke dunia nyata. Dunia nyata yang lebih cepat membuat haus dan lapar ternyata. Untunglah di dekat lokasi ini ada Alfamart penjual segala merek minuman pelepas dahaga. Dan yang terutama : berpendingin udara. hehe. Ngadem sebentar maksudnya.

Lanjut gowes ke rumah dan mampir sebentar untuk mengganjal perut yang kosong dengan semangkok bakso. Terasa puasnya dari kaki hingga ke mulut sepedaan hari ini. Dan sepertinya lain kali saya akan datang lagi untuk mencobanya. Mungkin dengan teman-teman lainnya. Semoga ada kesempatan.

Keterangan Lokasi Cifest Hill.