Hari  masih cukup pagi saat itu karena jam di pergelangan masih menunjukkan pukul 8.20 saat kami sekeluarga tiba di depan gerbang Jonggol Garden. Di depan kami sudah lebih dulu masuk satu rombongan keluarga besar lainnya. Tampaknya mereka cukup dihormati di sini. “Masuk saja pak langsung”..Seorang petugas gerbang menyambut kami dan mempersilahkan kami masuk. Sekilas  kulihat di papan tertulis karcis masuk 15rb per orang. Apa karena masih pagi? makanya masih gratis? Atau karena kami dianggap satu rombongan dengan keluarga tokoh setempat yang saya lihat disalami dengan hormat oleh si petugas? Ah sudahlah. Pikiran saya langsung berganti fokus pada keindahan ketinggian dataran tinggi Jonggol di selepas gerbang itu. Pemandangan pegunungan Batu jonggol dengan lembah menghijau di bawah meneduhkan mata fisik dan mata batin yang sudah lelah dengan kerja-kerja rutin seminggu penuh sebelumnya.

Terletak di ketinggian lebih dari 300m dpl  (kebetulan pernah gowes ke goa ciwadon dan tercatat dalam strava saya). Sehingga walau mentari sudah lumayan beranjak tinggi sudutnya, Jonggol Garden terasa lebih sejuk dibanding tempat wisata lain di kota jakarta. Ya iyalah ini memang letaknya di luar kota. 50km dari gerbang tol Cibubur ke arah Cileungsi – Jonggol.

20171203_090420
Selamat Datang di Jonggol Garden

Saya mendapat ide mengunjungi tempat ini setelah sehari sebelumnya saat gowes santai di seputaran mata air sodong, mendengar berita adanya tempat wisata baru yang masih di sekitaran Sodong dan Jonggol. Dari hasil ngobrol-ngobrol ngalor ngidul ngulon wetan sesama goweser ini lah saya tertarik untuk ke sini bersama keluarga. Terpaksa sepeda diistirahatkan dulu deh di rumah.

Menuju ke Jonggol Garden jika sobat keluar dari Gerbang Tol Jagorawi exit cibubur. Tinggal lurus saja ke arah jonggol hingga melewati perumahan Besar Citra Indah. Selepas Citra Indah nanti akan tiba di persimpangan Kota Jonggol. Ambil belokan yang ke kanan lalu berbelok kanan kembali di persimpangan selanjutnya. Tinggal gas terus kendaraannya naik ke atas hingga bertemu Kantor Desa Cibodas.

Jonggol Garden berada di kawasan Desa Wisata Kampoeng Soenda Siliwangi yang terletak di Desa Cibodas Jonggol. Di jalan masuk desa ini pengunjung yang naik roda empat dikenai retribusi 5rb perkendaraan. Kalau motor mungkin jauh lebih murah lagi. Tiket masuk 15rb per orang dibayar di gerbang Jonggol Garden yang berada 1 km dari jalan masuk desa ini.

Kami berenam cukup beruntung masih cukup pagi saat sampai di sana. Pengunjung masih belum banyak sehingga tidak ada antrian untuk swafoto di spot-spot anjungan kayu dengan tinggi 2 meter dari tanah. Saat baru masuk. Kami di sambut oleh payung-payung kecil warna-warni bergelantungan di atas kami. Dan di sebelah kanan saya lihat ada menara Eiffel. What..menara Eiffel?  Iya loh. Pengelola cukup sukses memindahkan imaji kota Paris ke jonggol dengan versi mininya menara Eiffel setinggi 10 m. Kalau pandai mencari angle foto. Bisa lah untuk meyakinkan calon mertua kalau kamu sudah pernah sampai di Paris. hahaha..jadi modus gini sih.

20171203_085154
Ada si om tercyduk sedang swafoto. Gak keberatan di cekrek dari bawah.

Ada banyak tempat pilihan swafoto di sini sehingga pemburu foto-foto instagramable bisa mengeksplore gaya-gaya andalannya di sini. Tapi hati-hati mati gaya loh di sini .  Karena sempat cek di hape sinyal internet Tel***sel saya lihat sangat lemah di sini. Kurang tau sih untuk provider lainnya.

Payung2 unik menyambut
Tinggi..berani foto?
Anak kecil saja berani
Hati-hati selalu ya nak. Jangan ceroboh dan sok2an.

Buat keluarga yang hanya ingin menikmati pemandangan dan ngeriung bersama keluarga.  Bisa beristirahat di saung-saung kecil yang disediakan pengelola. Toilet saat saya di sana juga terlihat cukup bersih. Mau makan? jangan khawatir lapar..ada penjual bakso hangat dan siomay di dalam sini.

Saung-saung kecil juga tersedia gratis buat pengunjung beristirahat

Selain anjungan swafoto. Di Jonggol Garden juga ada dua wahana yang cukup ekstrim. Apalagi bagi yang takut ketinggian. Ada wahana bersepeda mengayuh di atas tali berketinggian 10m di atas tanah. Kurang ekstrim? masih ada flying fox untuk dicoba oleh pemacu adrenalin di sini.

Life is like riding bicycle..tapi gak diatas tali gini juga kalik. hehe
Bagi yang suka meluncur. Ada juga Flying fox.

Jika sobat sudah merasa puas menikmati keindahan pemandangan di atas sini tapi masih punya banyak waktu untuk dihabiskan. Sobat bisa beranjak mengunjungi goa alami Ciwadon  yang letaknya sangat dekat dari Jonggol Garden. Tinggal keluar gerbang dan sedikit jalan kaki lagi tibalah di goa Ciwadon. Tulisan saya saat mengunjungi goa Ciwadon ini bisa sobat baca di sini. Sudah ke goa Ciwadon tapi waktu luang sobat masih memungkinkan? Sekalian saja kunjungi curug Sedong. Ketiga lokasi wisata tersebut memang masih di satu kompleks wisata desa Cibodas. Patut untuk sekalian disambangi  mumpung sudah sampai di Jonggol.

Tapi sayangnya kami tidak punya banyak waktu untuk dihabiskan di Jonggol Garden. Saat jam saya menunjukkan pukul 10.30. Saya memberi isyarat ke istri dan anak-anak agar segera berbenah dan kembali ke parkiran kendaraan kami. Masih ada acara keluarga yang harus kami lalui siang itu. Tapi senang juga melihat istri dan anak-anak gembira berada di sini . Ternyata piknik sederhana bisa membuat hidup lebih terasa lebih berwarna. Jadi..bagaimana piknik sobat minggu ini..? semoga sobat pun bahagia dengan pikniknya bersama keluarga tercinta.

Catatan :

Lokasi Jonggol Garden : Desa Wisata Kampoeng Soenda Siliwangi.

Koordinat GPS Jonggol Garden: -6.511650, 107.014240

Biaya : Retribusi roda 4 Rp 5.000. Tiket masuk pengunjung Rp 15.000. Tiket wahana ekstrim : Rp 20.000