Saat pertama menekuni hobi gowes. Saya ingat sekali saya memulainya dengan menggunakan sepeda entry level murmer merek lokal.

Jadi saat itu di rumah ada dua sepeda. Satu sepeda BMX buat anak, dan satu lagi ya MTB ini yang buat mainan ayahnya. Sepedaannya juga masih sekitar komplek perumahan saja dan sesekali anak pun ikut gowes bersama saya. But it was fun..

Gowes sekitaran kompleks rumah kok rasanya jadi membosankan. Akhirnya minggu depannya gowes lebih jauh lagi masuk2 kampung sekitaran komplek.

Karena gowesnya sudah menjajah wilayah lain, biar kelihatan seperti atlet sepeda “beneran”. Jersey dan helm sepeda pun perlu saya beli. Pede lah akhirnya gowes saya. It really feel good..

Naik sepeda MTB dengan jersey dan helm lengkap di jalan kok jadi sering di kring-kring sama goweser lain. Akhirnya saling kenalan dan gowes bareng. Senang deh dapat teman yang baru..

Minggu depannya janjian lagi gowes dengan teman baru. Ketemu lah dengan komunitas yang baru. Wah… senang dong bisa punya klub sepeda yang baru…

Gowes bareng sekitaran kampung terasa tanggung. Kita cari yang lebih jauh..ternyata gowesan mereka melesat di depan jauh. Beuuh..

Saya ganti sepeda yang baru, upgrade terbaru. Kecepatan pun terbantu. Feel good too..

Jalur pun berganti. Dari gowes bareng lalu fun bike bareng, Turing jarak jauh pun lalu kita jelajah. Saya jadi merasa gagah..

Turing jarak yang panjang lalu kita jelang. Hari H nya pun datang…

Di jalan yang datar senyum saya masih terlempar. Di jalan menanjak-nanjak saya pun berdecak..dada ini seakan robek. Gowes pun jadi terseok..Alhamdulillah masih belum keok.

Akhirnya, walau pemandangan cantik menghampar. Hati ada sedikit rasa hambar. Karena posisi saya yang makin melebar. Kebersamaan yang seakan terlempar..

Saya jadi belajar, masih banyak yang harus saya kejar untuk jadi sejajar. Biarlah itu jadi pe er saya sebagai goweser..

Tapi bahagia tak harus dengan bersepeda cepat. Gowes pun akan bahagia asal bersama orang yang dekat walau hanya dengan jarak yang dekat..

Alhamdulillah ini yang saya dapat minggu yang lalu saat gowes bersama si kecil. Semua yang terlewati terasa indah, sejuk dengan angin yang semilir. Every short ride is worth as tiny holiday.

Karena bukan seberapa jauhnya jarak yang telah kita tempuh. Tapi lebih pentingnya seberapa dekatnya kita karena perjalanan itu. We collect memory, not distance. So let’s enjoy every single ride.

20170730_073136_20170803232011135
Life is about finding agreement with nature.

20170730_073312_20170803231937238

20170730_080145
Sehat selalu ya nak..