Kamu pengguna Strava? Suka fotography lokasi-lokasi bersepeda kamu? Nah sekarang goweser yang suka mendokumentasi perjalanannya sudah bisa membuat video gowesnya dengan bantuan aplikasi teranyar bernama “Relive CC”.

Aplikasi ini baru beberapa bulan terakhir diluncurkan oleh 3 serangkai programmer dari Delft University. Saya sendiri sudah mencobanya dan berhasil.

Secara garis besar. Video dari Relive CC akan berisi track bersepeda dalam Google Earth beserta foto-foto yang kita ambil dan unggah ke aplikasi strava kita. Pokoknya keren lah. Ketimbang menyimpannya di strava, ini kita dapat menyimpannya dalam album pribadi.

Lalu caranya bagaimana? Ini coba saya jelaskan sebisa saya ya.
1. Kamu harus punya akun strava. Belum punya? Bisa daftar di sini. Atau gunakan akun garmin connect. Tapi garmin tidak bisa mengunggah foto loh. Dari aplikasi Garmin nantinya hanya berupa video rute kamu di google earth.
2. Setelah punya akun strava dan tahu cara merekam aktivitas gowes dengan strava. Kamu harus punya akun di relive cc. Belum punya juga? Silahkan daftar di webnya sini.
3. Daftarkan alamat email kamu yang aktif di relive cc. Ini akan digunakan untuk menerima video buatan relive cc.
4. Setelah punya kedua akun tsb. Login ke relive cc dan hubungkan akun strava kamu ke relive. Dengan menghubungkan akun strava ke relive nantinya tiap aktivitas cycling di strava akan dibuatkan videonya oleh relive.
5. Jika ingin foto2 kamu saat gowes muncul dalam strava dan videonya relive. Pastikan setting geotag lokasi kamera hape kamu dalam posisi ON.
6. Rekam aktivitas gowes kamu dengan strava. Lalu unggah foto2 yang kamu ambil selama gowes ke strava saat gowes sudah selesai. Simpan aktivitas strava kamu.
7. Sim sala bim. Tunggu dalam sejam dua jam inbox email mu akan mendapat kiriman email dari relive cc.
8. Setelah menerima email tsb. Buka link di dalamnya lalu kamu akan masuk dalam website relive. Buka webnya dalam mode mobile browser kamu.
9. Di dalam web relive akun kamu akan muncul video buatan relive dari aktivitas strava mu yang terakhir. Untuk mengunduhnya tekan saja layar video tsb nanti akan muncul konfirmasi download video seperti gambar di bawah ini.

Screenshot_20170314-173542

10. Simpan video mu yang berformat MP4 dalam hape mu. Video sudah siap untuk kamu publikasikan atau sekedar disimpan sebagai kenangan saja. Mudah kan?

Catatan tentang video relive cc ini yang harus kamu perhatikan:
a. Hanya berlaku untuk aktivitas cycling saja. Running atau hiking tidak berlaku.
b. Jarak gowes minimal 10 km dan di bawah 12 jam dari start to finish strava recording.
c. Langsung simpan lalu unggah aktivitas strava kamu sebagai ‘public’.
d. Relive tidak dapat menggungah foto yg diambil dengan jarak 5km dari titik start dan finish.
d. Relive cc hanya membuatkan video dari aktivitas strava kamu yang sudah terekam setelah login di Relive cc. Aktivitas lampau tidak bisa dibuatkan videonya.
Gimana..tertarik mencoba? Silahkan…berikut sample video yang pernah saya dapat saat ber strava gowes ke goa Ciwadon Jonggol minggu lalu.

Happy gowes..