Mendaftar dan menggunakan auto gate imigrasi Indonesia

Sekali-sekali menulis tentang topik selain gowes ah. Siapa tahu berguna bagi yang hobi gowes ke luar negeri ataupun sering bepergian ke luar negeri. Karena saat kita akan keluar atau masuk negara kita . Tentunya kita diwajibkan untuk menunjukkan passpor kita ke petugas imigrasi bukan? Tahukah kawan bahwa di Imigrasi Bandara Soekarno Hatta sudah dilengkapi oleh fasilitas auto gate ? Ya..Ditjen Imigrasi Indonesia beberapa tahun ini sudah memberlakukan sistem auto gate untuk pemegang passpor RI untuk memudahkan proses pengecekan passpor para WNI.

Apa sih keuntungannya menggunakan fasilitas ini ? Keuntungannya tentunya kita jadi tidak perlu antri panjang untuk sekedar di periksa passpor kita oleh petugas. Dan passpor kita jadinya tidak banyak stempel imigrasi bandara yang akan membuat halaman passpor menjadi lebih cepat habis jika kita adalah “frequent traveller”.


Bagaimana cara nya mendaftarkan dan menggunakan fasilitas auto gate ini ?
Saya coba tuliskan caranya berdasarkan pengalaman pribadi ya.


Persyaratan dan cara mendaftarkan passpor di auto gate imigrasi :
1. Mempunyai passpor electronic (passport dengan chip) mau pun passpor biasa yang diterbitkan pemerintah Indonesia.
Untuk yang memiliki passpor electronic bisa langsung dapat menggunakan fasilitas auto gate imigrasi tanpa melakukan pendaftaran lebih dulu. (update per desember 2018, passpor biasa pun sudah bisa langsung menggunakan auto gate tanpa mendaftar) . Informasi yang saya dapat kan dari petugas imigrasi, di desember 2018 saat update ini dibuat. Passpor yang baru diterbitkan sejak bulan agustus hingga desember tahun 2018 masih belum dapat menggunakan autogate ini. Artinya harus ada jeda sekitar enam bulan dari tanggal diterbitkannya hingga dapat digunakan di mesin autogate.

2.  Mempunyai masa berlaku passport yang valid.
3.  Mempunyai tiket perjalanan ke luar negeri yang sah dan visa Negara tujuan jika dibutuhkan
4. Setelah dokumen di atas tersedia. Silahkan coba gunakan mesin autogate di imigrasi keberangkatan bandara Soekarno Hatta di terminal 2 dan 3.

Lalu bagaimana cara menggunakan fasilitas auto gate imigrasi Indonesia? Berikut ini saya coba tuliskan cara penggunaannya.

1. Fasilitas autogate imigrasi Indonesia sepanjang yang saya ketahui hanya tersedia di bandara Soekarno Hatta Jakarta terminal 2, 3, dan pelabuhan ferry Batam Centre di pulau Batam.
2. Pindai halaman passpor yang ada foto pemegang passpor dengan halaman menghadap ke layar pindai. Posisikan halaman kertas rata menyentuh layar pindai. Mesin akan melakukan pembacaan dan memyimpan ke dalam database.
3.  Setelah pemeriksaan cocok. Layar akan menampilkan proses pemindaian selesai, pintu auto gate terbuka dan kita di minta masuk ke dalam gate untuk pindai sidik jari.
4.  Ikuti petunjuk pada layarnya untuk posisi jari yang akan dipindai. Setelah jari kiri selesai, mesin akan lanjut meminta jari yang kanan. Petugas pernah juga menyarankan saya untuk meletakkan jari kanan dan kiri sekaligus untuk mempercepat pemindaian. Dan tips tersebut berhasil.

5. Setelah beberapa detik pindai sidik jari akan selesai lalu kita diminta untuk menghadap kamera untuk pengambilan foto wajah. Setelah proses foto selesai, lalu pintu auto gate akan terbuka untuk kita lewati.
Mudah kan ? Tapi kadang kala mesin auto gate akan menampilkan pesan kesalahan juga lho saat kita menggunakan fasilitas tersebut. Berikut beberapa tips agar proses pemeriksaan auto gate satu kali saja tanpa kendala.
– Pastikan passpor kita terutama halaman yang ada foto dan nomor passpor nya dalam kondisi baik, tidak terlipat maupun terkena kotoran.
– Saat kita masuk dalam lorong auto gate. Jangan panggul ransel kita. Letakkan ransel di bawah saja. Karena sensor akan mendeteksi kehadiran dua orang dalam lorong pindai saat kita memanggul ransel lalu mesin akan menolak kita.

– lepas kaca mata atau topi yang kita kenakan saat masuk ke auto gate agar proses pengambilan foto wajah kita tidak ditolak oleh sistem kamera.

Auto gate bandara (sumber: BBC.com)
Auto gate bandara (sumber: BBC.com)
Jejeran mesin autogate di terminal 3 Soetta.

Demikian kawan, sedikit informasi yang dapat saya bagikan tentang sistem auto gate imigrasi bandara Indonesia.
Semoga bermanfaat.

Iklan

7 Comments Add yours

  1. bersapedahan berkata:

    sharing info yang bermanfaat, siapa tahu saya juga nanti butuh dan ga bingung harus bagaiamana 🙂

    Suka

    1. kayuhanpedal berkata:

      Betul om. Kalau ada yang cepat . Kenapa pilih yang lambat.

      Suka

  2. sangat bermanfaat informasinya tentang sistem auto gate,
    semoga pada saat mengurus proses manual dengan sistem baru ini tidak membutuhkan waktu yang lama dan birokrasi yang berbelit …

    Suka

    1. kayuhanpedal berkata:

      Semoga dapat dinikmati oleh semua pemegang passpor RI. Terima kasih sudah berkunjung pak

      Suka

  3. Hasan berkata:

    Sangat bermanfaat sekali informasinya 😁👍

    Suka

    1. kayuhanpedal berkata:

      Syukurlah kalau benar bermanfaat. Terima kasih ya sudah mampir.

      Suka

      1. Hasan berkata:

        Sama-sama 😁

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s