Sekali-sekali menulis tentang topik selain gowes ah. Siapa tahu berguna bagi yang hobi gowes ke luar negeri ataupun sering bepergian ke luar negeri. Karena saat kita akan keluar atau masuk negara kita . Tentunya kita diwajibkan untuk menunjukkan passpor kita ke petugas imigrasi bukan? Tahukah kawan bahwa di Imigrasi Bandara Soekarno Hatta sudah dilengkapi oleh fasilitas auto gate ? Ya..Ditjen Imigrasi Indonesia beberapa tahun ini sudah memberlakukan sistem auto gate untuk pemegang passpor RI untuk memudahkan proses pengecekan passpor para WNI.

Apa sih keuntungannya menggunakan fasilitas ini ? Keuntungannya tentunya kita jadi tidak perlu antri panjang untuk sekedar di periksa passpor kita oleh petugas. Dan passpor kita jadinya tidak banyak stempel imigrasi bandara yang akan membuat halaman passpor menjadi lebih cepat habis jika kita adalah “frequent traveller”.


Bagaimana cara nya mendaftarkan dan menggunakan fasilitas auto gate ini ?
Saya coba tuliskan caranya berdasarkan pengalaman pribadi ya.


Persyaratan dan cara mendaftarkan passpor di auto gate imigrasi :
1. Mempunyai passpor electronic (passport dengan chip) mau pun passpor biasa yang diterbitkan pemerintah Indonesia.
Untuk yang memiliki passpor electronic bisa langsung dapat menggunakan fasilitas auto gate imigrasi tanpa melakukan pendaftaran lebih dulu.

2.  Mempunyai masa berlaku passport yang valid.
3.  Mempunyai tiket perjalanan ke luar negeri yang sah dan visa Negara tujuan jika dibutuhkan
4. Setelah dokumen di atas tersedia. Silahkan datang ke konter imigrasi keberangkatan bandara Soekarno Hatta di terminal 2.
5. Mendatangi meja pendaftaran auto gate imigrasi Indonesia yang terletak sebelum pos pemeriksaan passpor.
6. Mengajukan permohonan secara lisan kepada petugas imigrasi untuk mendaftarkan passpor kita di fasilitas auto gate imigrasi.
7. Petugas imigrasi akan mengecek passport kita dan memindai passport dan sidik jari kita untuk keperluan auto gate imigrasi. Kita akan diminta memindai jari telunjuk kanan dan kiri untuk keperluan pendaftaran.
8. Proses pendaftaran selesasi dan passpor siap digunakan melewati auto gate imigrasi.

 


Lalu bagaimana cara menggunakan fasilitas auto gate imigrasi Indonesia? Berikut ini saya coba tuliskan cara penggunaannya.

1. Fasilitas autogate imigrasi Indonesia sepanjang yang saya ketahui hanya tersedia di bandara Soekarno Hatta Jakarta dan pelabuhan ferry Batam Centre di pulau Batam.
2. Pindai halaman passpor yang ada foto pemegang passpor dengan halaman menghadap ke layar pindai. Mesin akan melakukan pembacaan dan membandingkan dengan database yang ada.
3.  Setelah pemeriksaan cocok. Layar akan menampilkan proses pemindaian selesai, pintu auto gate terbuka dan kita di minta masuk ke dalam gate untuk pindai sidik jari.
4.  Letakkan jari telunjuk kanan atau kiri kita ke atas mesin pindai. Setelah beberapa detik pemeriksaan selesai lalu pintu auto gate akan terbuka untuk kita lewati.
Mudah kan ? Tapi kadang kala mesin auto gate akan menampilkan pesan kesalahan juga lho saat kita menggunakan fasilitas tersebut. Berikut beberapa tips agar proses pemeriksaan auto gate satu kali saja tanpa kendala.
– Pastikan passpor kita terutama halaman yang ada foto dan nomor passpor nya dalam kondisi baik, tidak terlipat maupun terkena kotoran.
– Saat kita masuk dalam lorong auto gate. Jangan panggul ransel kita. Letakkan ransel di bawah saja. Karena sensor akan mendeteksi kehadiran dua orang dalam lorong pindai saat kita memanggul ransel lalu mesin akan menolak kita.

Auto gate bandara (sumber: BBC.com)
Auto gate bandara (sumber: BBC.com)

Demikian kawan, sedikit informasi yang dapat saya bagikan tentang sistem auto gate imigrasi bandara Indonesia.
Semoga bermanfaat.