New Trek in the block..Ada trek MTB baru di pinggiran Jakarta. Trek MTB Podomoro Golf. Sesuai namanya, trek ini dibuat oleh developer group podomoro di lahan yg rencananya akan jadi lapangan golf dan perumahan mewah. Saya langsung mengiyakan saat rekan gowes mengajak off road-an di sini. Mumpung ada yg jadi petunjuk jalan dong. Mosok iya gowes jones ber-off road, atawa jomblo ngenes ber-off road. Bahaya ntar kalau ada cidera di TKP tapi tidak ada yg menolong.

Mudah sekali mencapai lokasinya. Trek ini berada di ujung jalan kali manggis atau leuwinanggung yang bisa di akses dari perempatan Plaza Cibubur di Jl. Transyogie Cileungsi . Bisa juga dicapai melalui jalan pekapuran masuk dari jalan raya bogor. Jika sepedanya dinaikkan ke atas mobil, bisa keluar dari gerbang exit cimanggis via tol jagorawi arah ke bogor. Gerbang Podomoro golf view persis berada di sebelah kiri. Mobil bisa parkir di depan kantor pemasarannya, asal jgn lupa kembali lagi ke parkiran ya untuk balik ke rumah dengan mobil. 😀

Jalur MTB nya berada di lembah. Saat masuk dari jalan raya, melewati gerbang depan hingga ke titik awal trek jalanannya menurun. Dan kontur seperti ini terus berlanjut untuk beberapa potongan trek. Ada sih beberapa tanjakan, tapi tidak terlalu ngehe ekstrem jadi enaklah nanjaknya. Karena mengarah ke lembah, makanya trek ini banyak bonus turunan2 nya. Saya kira ini trek yg asyik untuk yg suka cross country dgn medan naik turun dengan kelokan kelokan diujung turunan. Ada beberapa turunan tipe mangkok dengan kecuramannya diatas 70 derajat dilanjutkan dgn parit bertanggul sesudahnya.

Kalau tidak yakin, sebaiknya tuntun sepeda saja lah. Gak ada larangan untuk tuntun sepeda di sini. Kalau nuntun motor baru deh bikin masalah. Berat soalnya 😀.

Keseluruhan, treknya asyik banget. Kita gak perlu khawatir tersesat oleh percabangan karena adanya panah petunjuk arah dan pembatas2 lintasan dari plastik. Cuma saja setelah dekat finish karena trek ini berada di lembah. Sehingga saat akan kembali ke jalan raya kita harus gowes nanjak lagi untuk terakhir kalinya.

Pastikan saat gowes di trek sepanjang 11 km ini perlengkapan sepeda kita lengkap dan perut cukup terisi carbo ya. Karena sulit untuk mendapatkan warung makan di sepanjang jalur mtb ini. Ada warung oncom sih, yg sudah terkenal sebagai warung tempat istirahat goweser sini. Lokasinya berada di akhir trek setelah melewati terowongan bawah tol jagorawi. Treknya kalau siang hari akan panas menyengat karena jalurnya melewati ladang2 terbuka, tapi kalau hujan juga akan licin sekali karena medannya yang masih tanah merah. Belum lagi nanti ban akan jadi seperti donat tanah yg tebal. Jadi…enjoy tapi tetap waspada utk yg akan gowes kemari.

Berikut beberapa hasil jepretan amatir saya saat gowes di sini. Gowes gak terasa berat saat kita kombinasikan dengan narsisme sebagai modus untuk kerap istirahat. Hehehe. Jadi kapan menjajal trek ini guys?

Parkiran kantor pemasaran sebelum masuk trek mtbnya.
Foto keluarga dulu sebelum start
Foto keluarga dulu sebelum start.

img-20170114-wa0015-01

Petunjuk arahnya jelas dan plastik pembatas lintasan dibuatkan