Belajar dari pengalaman gowes saya ke pulau Bintan lalu. Karena kekurangan referensi rute yang akan kami ambil. Kami semua termasuk saya harus terkaget-kaget setelah melihat kondisi trek yg rolling naik turun elevasinya. Mau pulang malu..lanjut lagi sudah kebayang tambahan waktu untuk sampai ke tujuan kami.

Review back pengalaman tersebut, saya jadi teringat kembali sebuah web aplikasi gps yang dulu pernah saya coba pelajari dan gunakan, sampai sekarang akhirnya hapal di luar kepala beneran deh…wkwkwk alias lupa.

Bagus sekali loh, web tersebut membantu para petualangan untuk mereview dan melihat kontur rute yang akan dilalui. Nama web nya adalah www.gpsvisualizer.com.

Di postingan ini saya ingin berbagi sedikit yg saya tahu cara melihat kontur eleveasi dari trek yang akan kita lalui melalui gpsvisualizer.

Pertama, kita harus tentukan rute yang akan kita pilih menggunakan google map di browser kita. Setelah yakin dengan rute yang akan kita pilih, copy url map di browser (saya beri kotak merah di foto bawah ini).

map1
Copy url browser setelah kita mendapatkan rute dari google map

Kedua, buka www.gpsvisualizer.com di layar browser. Plih menu ’ Look up elevation’ (di photo saya beri kotak dengan garis merah). Nanti halaman seperti photo di bawahnya akan muncul.

gps-look-out-elevalsion1
pilih menu look up elevation di menu atas

Ketiga, paste url map browser yg telah kita copy ke kotak “or provide a url’ (di photo juga saya beri kotak garis merah).  Lalu klik ‘draw elevation profile’ (di photo saya beri tanda panah).

copy-url-map1
Copy paste URL maps di kotak merah, lalu klik elevation profile (panah merah)

Setelah kita mengklik menu ‘draw elevation profile’ . Kita akan bisa melihat profil ketinggian vs jarak dari rute yg akan kita tempuh (lihat contoh photo profil elevasi di bawah).

profile

Ini akan membantu kita untuk memprediksi ketinggian jalan yg akan kita lewati, menentukan lokasi istirahat yang tepat . Serta pastinya …goweser yang sering meng klaim dirinya adalah turunan ganteng. Dia bakal dapat mengetahui kapan kegantengannya  akan muncul saat melewati turunan yg ada…hehehe..

Udah segitu dulu ya..sedikit sharenya. Semoga berguna. Happy nanjak.